Friday, April 3, 2009

Cilember Waterfall

CurugCilember

Salah satu alternative tempat yang patut dikunjungi di daerah Puncak salah satunya adalah Wana Wisata Curug Cilember. Pemandangan bukit (Bukit Hambalang) dengan hamparan pepohonan pinus merkusi dimana terdapat juga sumber mata air dan air terjun benar-benar menyejukkan mata.



Untuk mencapai lokasi Wana Wisata Curug Cilember juga cukup mudah, tak sampai 1 jam bermobil dari Jakarta. Letaknya sebelum Taman Safari bahkan sebelum pasar Cisarua. Tepatnya berada disebelah kiri jalan jalur Ciawi – Puncak, ± 15 Km dari pintu tol Gadog (Jagorawi). Berada di kawasan hutan lindung Bogor - Puncak - Cianjur (Bopunjur) di ketinggian ± 800 mdpl.

Setelah memasuki gerbang masuk Wana Wisata Curug Cilember, gemericik air terdengar dari sebuah pancuran bambu dan air sungai yang jernih mengalir disela2 bebatuan. Di kawasan ini kita akan menjumpai taman kupu2. Sayang saat ini kondisinya dalam keadaaan tidak terawat. Atapnya berlobang cukup lebar. Tidak banyak yang bisa dilihat, tapi masih ada sedikit kupu-kupu yang tersisa. Lumayan, buat obyek foto hehe…



Cuma anak-anak agak kecewa karena tadinya sudah membayangkan akan melihat taman yang penuh dengan bunga-bunga dan kupu-kupu.

Selain Taman Kupu-kupu, ada juga camping ground yang cukup ramai juga…apalagi pada saat liburan. Yang mau berkemah, banyak juga disewakan tenda-tenda dengan harga terjangkau.



Selain itu ada juga villa/bungallow-nya, tapi nggak tau bagus/nggaknya.
Dari area camping ground, curug/air terjun yang paling dekat dan paling banyak dikunjungi karena paling mudah dijangkau Curug 7. Di kawasan ini sendiri (konon) terdapat 7 buah air terjun di lokasi yang berlainan, semakin kecil angkanya semakin tinggi letak air terjunnya. Sudah 2 kali kesana, yang pertama berdua aja dengan suami…sempat naik sampai curug 5. Yang kedua kalinya karena pergi sama anak-anak hanya sampai ke curug 7.

Yang patut menjadi catatan saat mengunjungi Wana Wisata ini adalag prasarana yang cukup lengkap mulai dari toilet dan musholla tersedia. Begitu juga pedagang makanan dan souvenir cukup banyak. Namun bila suatu saat nanti berkunjung kesana lagi, berharap Taman Kupu-kupunya sudah dalam kondisi yang lebih baik, karena pada umumnya pengunjung (termasuk saya dan keluarga) berharap menyaksikan kupu-kupu aneka warna di sana.

Lokasi Curug Cilember:
Desa Jogjogan, Cisarua - Bogor
KPH Bogor: Jl. Desa Tengah Komplek Perkantoran Pemda, Cibinong - Bogor
Phone: 021- 8790726 Fax. 021-8756159