Thursday, April 29, 2010

Pulau Sanghiang

Jalan-jalan ke Pantai Anyer udah biasa, dan kawasan itu sudah ramai dikunjugi orang, apalagi kalau weekend. Tapi ga tau nih, bawaan temen2, kesitu lagi kesitu lagi. Kita berangkat dari Jakarta jam 7 pagi, sampai di anyer sekitar jam 9 pagi.

Begitu menginjakkan kaki ke Pantai Anyer, gw penasaran. Kenapa ga gw tanya aja sama penduduk setempat, ada yg lebih menarik ga dari Pantai Anyer. Penduduk di sana bilang macem-macem. Ada yang bilang, ke pantai carita, pantai tanjung lesung, sampe ujung kulon.

Kalau ujung kulon mah kejauhan, pantai carita gitu gitu aja, kalau tanjung lesung udah pernah. Bener-bener pengen cari sesuatu yg baru. Akhirnya salah satu penduduk ada yang nyeletuk bikin penasaran. Dia bilang, “kenapa ga ke Pulau Sangiang aja??”. AHAAA!! Dimana itu Pulau Sangiang?? Dan seperti apa wujudnya?

Gw tanya sama penduduk itu, berapa lama perjalanan ke Pulau Sangiang? Ternyata oh ternyata hanya 45 menit!! Langsung deh kasih tau ke temen-temen dan ternyata mereka SATUDJU untuk pergi ke Pulau Sangiang! Semangat mulai membara.

Kita lanjutin perjalanan menuju Pantai Manuk di Desa Cikoneng, ga terlalu jauh dari Pantai Anyer. Nah dari situ baru deh naik boat ke Pulau Sangiang. Wah nikmat banget deh! Emang bener ya kalau ke tempat yang belum pernah dikunjungi, semangatnya beda. Pengen cepetan tau di sana ada apa aja sih??

Ternyata sampai di Pulau Sangiang lebih 15 menit dari perkiraan. Jadi kita sampai di sana tepat satu jam. Ternyata pos2 wisata di kawasan ini sudah lengkap. Ada pemandu wisata, pos jaga, polisi hutan, camping ground, pesanggrahan, dan yang paling gw suka, PENYEWAAN PERALATAN UNTUK SNORKELING!

Istirahat sebentar, kemudian mulai deh snorkeling. Terumbu karangnya emang masih bagus-bagus. Wah yahud banget deh! Ikan-ikannya juga gemesin, rasanya pengen banget di bawa pulang hehe... upss ga boleh ya..

Selain snorkeling, sama temen-temen biasalah main bola, berjemur, dan MANCING. Cowo-cowo seneng banget nih kalau udah gini, sampe lupa waktu hehehe..

Oya kalau mau lebih mengeksplor kawasan ini, kita bisa melihat lutung, kera, kucing hutan, landak, burung walet, burung blowok, dan ular sanca hiii. Tapi untuk yang terakhir kayanya gw ga berminat.

Ternyata kita nemuin juga spot baru untuk liburan yg ga jauh dari Jakarta. Senangnya... pengen balik lagi buat snorkeling...

PS:

Ga gaul nih gw, ga tau di kawasan Banten masih ada pantai sebagus ini selain Ujung Kulon. Btw, setelah searching di Google, ternyata Pulau Sangiang ini disebut juga seven wonders in Banten, karena merupakan wisata sejarah, wisata pantai, wisata ilmiah, dsb. Totalnya kayanya sih ada 7 hehe. Makanya disebut seven wonders in Banten.