Saturday, May 8, 2010

Curug Cijalu

Haiiiiii....I'm back...

Setelah lama nggak update blog...

Curug_Cijalu1

Curug Cijalu, terletak di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Sebenarnya, waktu ke sana tuh bener2 blank banget dimana letak Curug Cijalu. Nggak sempet googling juga nyari informasi. Hanya mengandalkan info temen bahwa letaknya nggak jauh dari Waduk Jatiluhur. Karena niat sebenarnya mau motret sunset di Waduk Jatiluhur, tapi nggak mungkin juga seharian di sana. Jadi nyari tempat lain sambil nunggu sore trus balik ke Waduk Jatiluhur lagi.

Atas saran temen akhirnya aku (dan keluarga), ke Curug Cijalu. Ternyata..jauuuh booo dari Jatiluhur. Hampir 2 jam perjalanan (by car) dari pas keluar pintu tol Jatiluhur untuk sampai ke lokasi. Mana nggak ada sama sekali tanda/rambu petunjuk arah "Curug Cijalu" grrrrgrggh....

Bagi yang tertarik untuk kesana, sekedar gambaran dari aku : keluar pintu tol Jatiluhur, ambil arah ke kota Purwakarta trus lanjut arah Wanayasa. Bila ketemu pertigaan arah Subang atau Bandung, ambil arah Subang. Teruuuuus aja dech (jangan lupa tanya orang, biar nggak nyasar hehehe...). Nah ntar lokasinya ada di sebelah kanan jalan, pas pertigaan ada ojeg2 mangkal. Mulai dech jalannya jelek, ikuti aja jalan itu teruuuus ntar sampai ke gerbang Wana Wisata Curug Cijalu (kemaren lupa motret gerbangnya). Tapi jangan kaget ya...jalan ke lokasi air terjun nggak pernah mudah.

Curug_Cijalu5

Dari gerbang, masih terus nanjak jalannya sampai ketemu kebun teh. Yang kesana bawa mobil ada baiknya bawa teropong lihat di kejauhan ada mobil turun/arah sebaliknya nggak...soalnya jalannya (jalan berbatu)kecil cukup untuk 1 mobil aja jadi ada baiknya berhati-hati hehehe....

Akhirnya sampai juga di Curug Cijalu...huuuuuuh lega banget.

Curug_Cijalu4

Curug_Cijalu3

Alamnya sebenarnya bagus. Cuma waktu itu aku lihat banyak pengunjung (kebanyakan pelajar yg kesana naik motor) yang tidak bisa menjaga kebersihan. Sampah dimana-mana...sedih banget melihat alam yang begitu indah tidak dijaga dengan baik. Untuk itu aku menghimbau siapapun juga yang membaca tulisanku ini...mari kita sama-sama menjaga kebersihan dan keindahan alam, karena itu merupakan asset yang sangat berharga. Karena dari pengalamanku mengunjungi beberapa Curug/air terjun : Ciismun, Cilember ataupun beberapa curug di area Gunung Bunder, selalu sampah bertebaran.... Mudah2an Pemda setempat sebagai pengelola obyek wisatanya sadar akan hal ini dan melarang pedagang2 yang berjualan di area/lokasi air terjun. Masa makan pop mie atau nasi bungkus persis sambil nongkrong di depan air terjun, abis itu bungkusnya dibuang juga di situ....duuuuuh gemes banget dan yang jelas merusak pemandangan

Curug_Cijalu2

Hari sudah agak sore (jam 3-an) waktu aku dan keluarga meninggalkan lokasi Curug Cijalu (menuju Jatiluhur utk motret sunset). Dibawah ini foto kebun teh di dekat warung tepat di dekat parkir mobil. Cuaca mulai temaram karena kabut mulai turun....